Pendidikan Agama 31 Oktober 2019 (Kls Khusus & Reguler)

Pengertian Nilai Secara Umum & Menurut Para Ahli

Definisi Nilai adalah adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan nilai berdasarkan pandangannya masing-masing dianataranya :

 

Spranger

Pengertian Nilai adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

Mulyana

Pengertian Nilai merupakan suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

Kluckhohn

Pengertian Nilai adalah sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

Notonagoro

Pengertian Nilai terdiri dari tiga nilai pokok, yaitu nilai vital, materil, dan rohani.

SUMBER NILAI ISLAM

Al Quran

Al Quran secara etimologis berasal dari kata “qara a, yaqra u, qiraa atan, atau qur anan” yang berarti mengumpulkan dan menghimpun huruf serta kata-kata dari satu bagian ke bagian yang lain secara teratur. Dikatakan Al Quran karena berisikan intisari dari semua Kitabullah dan sebagai intisari semua ilmu pengetahuan. Pengertian Al Quran secara terminologis dapat dipahami dari pandangan beberapa ulama yaitu:

  1. Dr.Muh Salim Muhsin menyatakan bahwa Al Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammmad SAWyang tertulis dalam mushaf dan diriwayatkan kepada kitadengan jalan yang mutawatir dan membacanya dipandang sebagai ibadah.
  2. Abdul Wahab Khalaf mendefinisikan Al Quran sebagai firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Jibril dengan bahasa arab, dijamin kebenarannya, sebagai bukti kerasulannya, undang-undang bagi seluruh manusia, petunjuk dalam beribadah serta dipandang ibadah dalam membacanya, yang terhimpun dalam mushaf.
  3. Syeikh Muhammad Abduh mendefinisikan Al Quran sebagai kalam mulia yang diturunkan Allah kepada nabi yang paling sempurna dan ajarannya mencakup seluruh ilmu pengetahuan.

Ia merupakan sumber yang mulia dan esensinya tidak dimenerti kecuali oleh orang yang berjiwa suci dan berakal cerdas.

Ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, meyakinkan kita bahwa Al Quran adalah firman-firman Allah dan tidak mungkin ciptaan manusia apalagi ciptaan Nabi Muhammad SAW. Al Quran adalah muji’zat besar sepanjang masa. Keindahan bahasa dan kata-katanya tidak akan ditemukan di buku bahasa arab yang lain. Gaya bahasa yang luhur tapi mudah dimengerti merupakan ciri gaya bahasa Al Quran. Sebagai pedoman hidup, Al Quran banyak mengemukakan pokok-pokok dan prinsip umum tentang hukum atau aturan hidup dalam hubungan antara manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dan manusia dengan makhluk lainnya.

Pada awal pemerintahan Abu Bakar Shiddiq, Al Quran telah dikumpulkan dalam mushaf tersendiri. Kemudian pada pemerintahan Usman bin Affan, Al Quran telah diperbanyak dan sampai kini aslinya masih ada disimpan di Madinah. Dalam perkembangan selanjutnya timbul usaha untuk menyempurnakan penulisan, penyeragaman bacaan dalam rangka menghindari kesalahan baca dan tulis Al Quran. Ilmu yang membahas hal yang berhubungan dengan Al Quran antara lain :

Ilmu Mawathin al Nuzul, Ilmu Asbab al Nuzul, Ilmu al Tajwid, Gharib al Qur’an, Ilmu Wujuh al Nadhar, Ilmu Amtsal Li al Qur’an dan Ilmu Aqsam al Qur’an.

Pada dewasa ini pandangan masyarakat terhadap sumber nilai dalam Islam semakin kabur, kabur disini masyarakat sudah mulai melupakan sumber nilai yang seharusnya mereka pegang hingga ahir zaman. Semua ini dikarenakan karena berbagai macam faktor, seperti pengaruh globalisasi. Masyarakat Indonesia sekarang ini cenderung atau kebanyakan berkiblat ke negara-negara barat. Semua ini yang menyebabkan sumber nilai dalam islam, dalam pandangan masyarakat semakin sempit atau kabur.

Isi dan Kandungan Al Quran

Al Quran terdiri dari 114 surat. 91 surat turun di Makkah dan 23 surat turun di Madinah. Ada juga yang berpendapat 86 surat turun di Makkah dan 28 surat turun di Madinah. Surat yang turun di Makkah dinamakan Makiyah dan pada umumnya pendek-pendek, menyangkut prinsip kepada manusia.

Sedangkan surat yang turun di Madinah disebut Madaniyah secara umum suratnya panjang-panjang, menyangkut peraturan hubungan antara Tuhan dan manusia serta makhluk lainnya (syari’ah).

Nama lain Al Quran pada umumnya telah dijelaskan pada Al Quran itu sendiri, diantaranya :Al Kitab, Al Furqon, Al Mau’idhah, Al Hikmah, Al Khair, Al Huda, Al Hukmu, Al Syifa, Al Dzikru, Al Ruh, dan Al Muthaharah.

Al Qur’an Sebagai Sumber Peradaban

Al Quran memiliki posisi yang amat vital dan terhormat dalam masyarakat muslim di seluruh dunia. Di samping sebagai sumber hukum,pedoman moral,bimbingan ibadah dan doktrin keimanan,Alquran juga merupakan sumber peradaban yang bersifat historis dan universal.

Dari enam rukun iman yang diyakini umat Islam,ada dua yang tidak gaib, yaitu sosok Nabi Muhammad sebagai sosok historis dan kitab suci Alquran yang bisa kita baca dan kaji kandungannya. Sosok Nabi Muhammad pun bisa disebut gaib dalam pengertian kita tidak hidup sezaman dan hanya mampu membaca dan memahami sebagian kecil saja dari keseluruhan riwayat hidupnya.

Dengan demikian, pintu gerbang yang terbuka untuk mendalami ajaran Allah adalah melalui kitab suci Alquran. Namun,kita pun sadar bahwa pesan Allah yang terkandung dalam Alquran yang sedemikian luas dan dalam tidak mungkin kita kuasai sepenuhnya hingga tuntas.

Mungkin itulah sebabnya sejak awal mula diwahyukan kepada Rasulullah Muhammad sampai hari ini, berbagai ulama tafsir selalu bermunculan dan berbagai buku yang diinspirasi oleh ayat-ayat Alquran senantiasa terbit. Tidak ada sebuah teks yang melahirkan teks-teks lain yang tak terhitung jumlahnya, kecuali teks suci Alquran.

Yang juga sangat menarik direnungkan, begitu kita membuka dan membaca teks suci Alquran,Alquran sendiri menyuruh pembacanya untuk mengaitkan pesan dirinya dengan teks-teks kauniyah, yaitu wahyu Tuhan yang terhampar dalam jagat semesta. Tidak hanya ayat semesta, Alquran juga menyuruh kita mengintegrasikan pesannya dengan ayat-ayat nafsiyah dan tarikhiyah, yaitu hukum Allah (sunatullah) yang tertulis dalam diri manusia dan dalam hukum sejarah.

****** Silahkan berkomentar atau menyampaikan pendapat ******

 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

17 Responses to Pendidikan Agama 31 Oktober 2019 (Kls Khusus & Reguler)

  1. Lusi Ariyana / 1 B / 2019210015 berkata:

    Nilai adalah sesuatu yang dapat menentukan karakteristik seseorang dmn nilai yg menjadi ciri khas seseorang dalam berkata atau berbuat,beberapa hal dpt tercermin melalui nilai..
    Sebagai mana Al Qur’an yg mnjadi tuntutan nilai dalam melakukan perbuatan-perbuatan dan mengucapkan perkataan..

    Buk aku juga mau bertanya..
    Misalkan, seseorang telah memiliki nilai yg baik..?
    Apakah nilai kebaikan dari seseorang itu dpt berubah dari “nilai yg baik menjadi nilai yg tidak positif”..

  2. HANI DESTYA YANTI berkata:

    Npm : 2019 210 024
    Jadi menurut saya, nilai adalah sesuatu yang baik yang selalu diinginkan, dicita-citakan dan dianggap penting oleh seluruh manusia. Nilai adalah sesuatu yang sangat berharga dan berguna bagi kehidupan manusia.

  3. YULIYA LESTARI / 2019210001 / 1B berkata:

    Menurut saya nilai itu sebagai titik acuan atau panutan menjadi pribadi yang baik. Dan semakin kita menerapkan semua nilai yang tercantum dalam al qur’an dengan baik maka semakin mudah kita menjadi pribadi diri sendiri yang lebih baik dan bermanfaat untuk semua , baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

    Jadi bagaimana buk kita menyikapi seseorang yang dalam dewasa ini yang memandang sumber nilai dalam islam semakin kabur , bahkan sudah mulai melupakan sumber nilai yang seharusnya mereka pegang hingga akhir jaman .

  4. YULIYA LESTARI / 2019210001 / 1B berkata:

    Menurut saya nilai itu sebagai titik acuan atau panutan menjadi pribadi yang baik.

    Jadi bagaimana buk kita menyikapi seseorang yang dalam dewasa ini yang memandang sumber nilai dalam islam semakin kabur , bahkan sudah mulai melupakan sumber nilai yang seharusnya mereka pegang hingga akhir jaman .

  5. Amanda dian sukma. NPM. 2019210053 berkata:

    Menurut saya nilai adalah sesuatu yg berharga yang dianggap layak, pantas, penting, indah dalam kehidupan
    Bu saya mau tanya
    Adakah dampak positif negativ tentang Nilai?
    Misal nilai negativ buruk contoh memaksa, merampas itu adalah nilai yg mencerminkan hal buruk
    Bagaimana penjelasannya bu.

  6. Tri utami berkata:

    Npm ; 2019 210 023
    Kls ; 1reg

    Saya ingin bertanya bu, selain globalisasi, faktor apa saja kan yang mempengaruhi kabur nya nilai dalam islam?

  7. Ika Ayu Kusuma Wardani berkata:

    NPM : 2019 210 042
    Kelas : Semester 1 Reg

    Al Quran berisikan intisari dari semua Kitabullah dan sebagai intisari semua ilmu pengetahuan , Sumber dari segala sumber yang sudah tercakup didalam nya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami mencakup semua hal yang kadang tidak terfikir dalam diri manusia , namun seiring dengan berkembangnya zaman pandangan masyarakat terhadap sumber nilai dalam Islam semakin kabur, kabur disini masyarakat sudah mulai melupakan sumber nilai yang seharusnya mereka pegang hingga ahir zaman , Penerapan kesadaran dalam tiap tiap individu sangatlah penting , Memperkuat iman dan takwa terhadap Allah Swt . Serta cerdas dan tepat dalam menyaring kembali budaya dari luar yang kurang baik untuk diterapkan .

  8. NurLaila Hayati berkata:

    Menurut saya nilai adalah suatu acuan untuk menentukan karakter seseorang/akhlak seseorang yang tercermin pada diri seseorang

  9. NurLaila Hayati berkata:

    Menurut saya nilai adalah suatu acuan untuk menentukan karakter seseorang/akhlak seseorang yang tercermin pada diri seseorang
    Benar tidak Bu?

  10. Irma Aristia berkata:

    NPM :2019 210 026
    Kelas :Semester 1 reg

    Menurut saya nilai merupakan sebuah patokan untuk kita menentukan sebuah pilihan.

  11. Winda nur aulia berkata:

    2019 210 037
    Buk saya mau bertanya
    Kenapa sekarang tidak banyak penelitian muslim yang mendorong penemuan_ ilmiah tapi justru malah sekarang banyak muncul peneliti dan ilmuan di barat ??

  12. Vella ayu putri berkata:

    Npm: 2019 210 019
    Kls : 1/A

    Menurut ahli kluckhohn nilai adalah sebuah konsepsi yg mempengaruhi seseorang dalam melakukan tindakan , namun tindakan yg dicapai masi belum jelas, karna ada tindakan positif dan negatif, maka sebab itu sebagai muslim kita menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman, arahan hidup, agar memiliki nilai dalam kehidupan yang positif dalam bertindak (akhlak) walaupun era globalisasi kini membuat samar dan kabur makna Al-Qur’an, namun Al-Qur’an tetap memiliki posisi penting dan amat vital bagi umat muslim di seluruh dunia,

  13. Jerryami saputri berkata:

    Nmp:2019 210 014
    Kelas:1A

    nilai yaitu sesuatu hal yang baik ,selalu di anggap penting oleh seluruh manusia yang menjadikan manusia mempunyai keiinganan dan cita cita yang dapat membentuk suatu karakter seseorang

  14. ARIF KHOIR JULINDRA berkata:

    NAMA: ARIF KHOIR JULINDRA
    NPM: 2019210048
    KELAS: REGULAR 1

    Nilai adalah suatu ukuran
    sifat manusia yang terdapat di dalam jati diri setiap manusia.

  15. Parwoto berkata:

    Menurut para pakar ahli mengungkapkan seperti Mulyana pengertian Nilai merupakan suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

    – Yang saya ingin tanyakan atau diberi penjelasan adalah mengapa keyakinan seseorang saat ini dapat berubah drastis bilamana dikaitkan dengan nilai materi padahal keyakinan kita hanya kepada satu agama Islam dan tunduk kepada Allah SWT serta melaksanakan perintah2nya dan menjauhi larangannya, kenapa hal seperti ini dapat tergantikan dengan keyakinan yang lain ???……
    Mohon penjelasanya Ibu terima kasih 🙏🙏🙏
    Nama : PARWOTO
    NPM. : 2019031
    KELAS : Khusus semester 1

  16. Vina Dwi julianti berkata:

    Dr.Muh Salim Muhsin menyatakan bahwa Al Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammmad SAWyang tertulis dalam mushaf dan diriwayatkan kepada kitadengan jalan yang mutawatir dan membacanya dipandang sebagai ibadah.
    Jadi dari yang diriwayatkan kepada kita dengan jalan yang mutawatir itu dan membacanya dipandang sebagai ibadah itu bagaimana Bu pengertian nya?

    NPM : 2019 210 005

  17. Ari tri prasetyo berkata:

    Kelas: semester 1/A
    Npm: 2019210009

    Nilai merupakan suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.Jadi sebelum menentukan pilihan kita harus tau nilai nilai yang terkandung di dalamnya ini menurut saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *