Pendidikan Pancasila (27 Sept 2019)

Pancasila sebagai idiologi Bangsa dan Negara Indonesia

Sebagai idiologi bangsa dan negara indonesia maka Pncasila pada hakekatnaya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran seorang atau kelompok orang sebagai mana idiologi-idiologi lain didunia, namun pancasila diangkat dari nilai –nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan  masyarakat indonesia.

  1. Pengertian ideologi

Istilah ideologi berasal dari kata ‘idea’ yang berarti “gagasan”,konsep pengertian dasar, cita-cita dan ’ logos ‘yang berarti “ilmu” kata ‘idea’ berasal dari bahasa Yuyani ‘eidos’ yang artinya ‘bentuk’ Disamping itu ada kata ‘ idein’ yang artinya ‘melihat’. Maka secara harafiah ‘ideologi’ berarti ilmu pengertian-pengertian dasar. Dalam pengertian sehari-hari ‘idea’ disamakan artinya dengan ‘cita-cita. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersfat teteap yang harus dicapai., sehingga cita-cita yang bisifat teteap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau fahum.  Denggan demikian ideologi  mencakup pengertian tentang  idea-idea, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita.

Apabila ditelusuri secara historis istilah ideologi pertama kali dipakai dan dikemukaan oleh seorang perancis, Destutt de Tracy pada tahun1796. Seperti hal nya Leibniz de Tracy ai cita-cita untuk membanggun satu sistim pengetahuan. Apabila leibniz menyebutkan impian nya sebagai ‘one great system of truth’ dimana tergabung segala dasar ilmu dan segala kebenaran ilmiah, maka de Tracy menyebutkan’ideologie’, yaitu science of ideas’, satu program yang diharapkan dapat membawa perubahan internasional dalam masyarakat pncasila.

.  Ideologi Terbuka dan ideologi Tertutup

Ideologi sebagai suatu sistem pemikiran (system of thought), maka ideologi terbuka itu merupakan suatu sistem yang terbuka. Sedangkan ideologi tertutup itu merupakan suatu sistem pemikiran tertutup. Suatu ideologi tertutup dapat dikenali dari beberapa ciri khas. Ideologi itu bukan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan merupakan cita-cita suatu kelompok orang yang mendasari suatu program untuk menggubah dan membaharui masyarakat.

Tanda pengenalan lain mengenai ideologi tertutup adalah bahwa isinya bukan hanya berupa nilai-nilai dan cita-cita tertentu, melainkan intinya terdiri dari tuntunan-tuntunan konkrit dan oprasional yang keras, yang diajukan dengan mutlak. Jadi ciri khas tertutup adalah  bahwa berapapun besarnya perbedaan antara tuntutan berbagai idiologi yang menguntungkan hidup dalam masyarakt itu, akan selalu ada tuntutan mutlak bahwa orang harus tatat kepada ideologi tersebut.

Yang beraku pada ideologi tertutup, tidak berlaku pada ideologi terbuka . Ciri khas ideologi terbuka adalah bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari harta dan kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri. Ideologi terbuka tidak diiptakan oleh negara melainkan digali dan ditemukan oleh masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu ideologi terbuka adalah milik seluruh rakyat, dan masyarakat dalam menemukan ;dirinya’  ‘keperibadiannya ‘ didalam ideologi terdebut.

Ideologi terbuka tidak hanya diberikan, melainkan dibutuhkan. Kiranya dalam suatu sistem politik yang tidak ideologis dalam arti merupakn ideologi tertutup, kita akan menemukan bahwa penyelenggaraan negara berdasarkan pada pandangan-pandangan dan nilai-nilai dasar tertentu kadang-kadang dasar normatif itu tidak dirumuskan secara eksplitis. Dengan demikian merupakan ideologi ciri  terbuka yakni bahwa isinya tidak oprasional.  Ia menjadi oprasional apabila sudah dijabarkan kedalam perangkat yang berupa konstitusi atau peraturan perundangan lain nya. Oleh karena itusetiap generasi baru dapat menggali kembali dasar filsafat negara itu untuk menentukan apa implikasinya bagi situasi atau zaman itu masing-masing. (Magnis Suseno, 1987) Oleh karena itu ideologi terbuka sebagai mana yang dikembangkan bangsa indonesia senantiasa terbentuk untuk prose sreformasi dalam bidang kenegaraan, karena ideoologi terbuka berasal dari masyarakat yang sifat nya dinamis.

 

Ideologi Partikur dan Ieologi Konferhensif

Pada awal wacana ideologi, marx mengecam berbagai macam bentuk ideologi, bahkan ideologi menurut marx merupakan gagasan-gagasan kaum borjuis untuk mempertahan kan setatus-quo Anehnya  jilalu marx mengecam semua bentuk ideologi ternyata justru marx pada pertengahan abad ke-19 menerbitkan buku nya yang berjudul The German Ideology.

Dari segi sosiologis pengtahuan mengnai ideologi dikembangkan oleh karl Mannheim yang beraliran marx. Mannheim membedakan dua macam katagori secara sosiologis , yaitu idologi yang bersifat partikular dan ideologi yang bersifat konferhensif  . Ktagori pertama diartikan sebagai suatu keyakinan-keyakinan yang tersusun secara sistematis dan terkait erat dengan kepentingan suatu kelas sosial tertentu dalam masyarakat (Mahendra 1999) Berdasarkan tepologi ideologi menurut Manheim inilah maka ideologi komunis yang memela kelas proletar dan ideologi liberalis yang memperjuangkan hanya individu saja termasuk tipe ideologi partikular. Kategori kedua diartikan sebagai suatu sistem pemikiran menyaluruh mengenai suatu aspek sebuah soial. Idiologi dalm kategori kedua ini bercita-cita melakukan transformasi sosial secara besar-besaran menuju bentuk tertentu.

Makna Ideologi bagi bangsa dan Negara

Manusia dalam mewujudkan tujuannya untuk meningkatkan harkat dan martabat nya, dalam kenyataannya senantiasa membutuhan orang lain. Dalam pengertian inilah manusia membentuk suatu negara, Negara sebagai lembagga kemasyarakatan, sebagai organisasi hidup manusia senantiasa memiliki cita-cita dan harapan, ide-ide serta pemikiran-pemikiran yang secara bersama merupakan suatu organisasi yang bersifat dasariah bagi semua tindakan dalam hidup kenegaraan. Pada hakikatnya deologi adalah merupakan hasil refleksi manusia berkat kemampuannya mengadakan distansi terhadap dunia kehidupannya. Ideologi mencerminkan cara berfikir masyarakat, bangsa maupun negara, namun juga membentuk masyarakat menuju cita-citanya (Poespowardojo, 1991)  dengan demikian ideologi sangat menentukan eksitensi suatu bangsa dan negara. Ideologi membimbing bangsa dan negara untuk mencapai tujuannya melalui berbagai relisasi pembanggunan.

Selain sebagai sumber dari motivasi ideoligi juga merupakan sumber semangat terjadi orentasi yang bersifat dinamis antara masyarakat bangsa dengan ideologi, karena dengan demikian ideologi akan bersifat terbuka dan antipatif bukan bersifat reformatif dalam arti senantiasa mampu mengadaptasi perubahan-perubahan yang sesuai dengan aspirasi bangsanya. Ideologi harus bersifat dinamis, terbuka, antisipasif, yang senantiasa mampu mengadaptasikan dirinya dengan perkembangan zaman. Inilah peranan penting ideologi bagi bangsa dan negara agar bangsa dapat memperhatikan eksitensinya.

 

******************* BERSAMBUNG ********************

Pada Episode Selanjutnya…..

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

29 Responses to Pendidikan Pancasila (27 Sept 2019)

  1. Vina Dwi julianti berkata:

    Mengapa demikian ideologi itu sangat menentukan eksistensi pada suatu bangsa dan negara Bu?

    NPM :2019 2010 005

  2. HANI DESTYA YANTI berkata:

    Npm : 2019 210 024
    Semester 1 reguler
    Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara indonesia itu sangat penting. Karna ideologi adalah alat bangsa indonesia untuk menciptakan negara indonesia yang bermartabat dan berbudaya tinggi. Tanpa ideologi bangsa indonesia akan kehilangan jati dirinya. Itulah pentingnya kita untuk memahami tentang pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara indonesia.

  3. Muhammad fahmi berkata:

    Nama: Muhammad fahmi
    Kelas : Semester 1 Reguler
    Npm : 2019210049

    Menurut saya: Manusia dapat mewujudkan tujuannya untuk meningkatkan Negara sebagai lembagga kemasyarakatan manusia dan senantiasa memiliki cita-cita dan harapan, ide-ide serta pemikiran-pemikiran yang secara bersama.

  4. Diah novitasari berkata:

    Npm:2019 210 032
    Karena ideologi pancasila mengandung nilai intrumental, nilai dasar, dan nilai praktis. Pancasila lahir dan diangkat dari nilai-nilai adat istiadat dan kebudayaan serta religius yang terdapat dalam pandangan-pandangan hidup indonesia sebelum membentuk sebuah negara Indonesia atau sebelum lahirnya negara Indonesia. 

    Pertanyaannya buk
    Apa sih alasan kita mempertahankan pancasila sebagai ideologi dan dasar negara?

  5. admin berkata:

    Tapi harus ditekankan bahwa Cita-cita tersebut adalah cita-cita bersama atas nama bangsa, bukan atas dasar kepentingan kelompok dan golongan dalam realisasi kehidupan berbangsa dan bernegara…

  6. NurLaila hayati berkata:

    Istilah ideologi menurut marx merupakan gagasan-gagasan kaum borjuis untuk mempertahan kan setatus-quo.
    Disini saya ingin bertanya, setatus-quo itu apa ya bu?

  7. admin berkata:

    Ideologi adalah pedoman hidup, jika kita sudah tidak lagi berpedoman dengan yang kita pedomani selama ini, maka bisa jadi kita salah jalan dan salah langkah dan keluar dari jalur yang sebenarnya, oleh karena itu kita bukan lagi menjadi ” sesuatu ” yang menjadi tujuan bersama, berarti kita tidak seperti yang sesuai dengan pedoman kita (kita kehilangan eksistensi). contoh lain pedoman umat Islam adalah Al-quran, klu kita tidak berjalan sesuai aturan al-qur’an dan hadits maka kita kehilanagn eksistensi sebagai manusia yang beriman. Kita lanjut minggu2 berikutnya utk lebih jelasnya….

  8. admin berkata:

    Betul dan Setuju ” MENCIPTAKAN NKRI YANG BERMARTABAT DAN BERBUDAYA TINGGI “

  9. Lukman bimantoro berkata:

    Pancasila sebagai ideologi memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional. adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila adalah ideologi kebangsaan karena dirumuskan untuk kepentingan membangun negara bangsa Indonesia. Pancasila yang memberi pedoman dan pegangan bagi tercapainya persatuan dan kesatuan di kalangan warga bangsa dan membangun pertalian batin antara warga negara dengan tanah air. ideologi menjadi dua tipe ideologi sebagai ideologi suatu negara yaitu ideologi tertutup dan ideologi terbuka.

  10. admin berkata:

    Secara sederhana, dalam bahasa yang paling awam, Status quo bermakna kondisi yang ada saat ini dan sedang berjalan. status quo adalah istilah teori peralihan kekuasaan dalam ilmu hubungan internasional. Istilah ini digunakan untuk menyebut negara-negara yang memandang bahwa sistem internasional, hukum internasional, dan ekonomi pasar bebas adalah bagian integral dari spektrum internasional yang harus dipertahankan. Maka Teorri Karl Mark Adalah menerapkan menjunjung tinggi orang – orang ber -uang (borjuis) dan menekan kaum Miskin (Proletar), sehingga klu negara terdiri atas orang kaya2 yg berkuasa maka akan bisa mengendalikan orang2 miskin

  11. Lukman bimantoro berkata:

    Lukman bimantoro

    Pancasila sebagai ideologi memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional. adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila adalah ideologi kebangsaan karena dirumuskan untuk kepentingan membangun negara bangsa Indonesia. Pancasila yang memberi pedoman dan pegangan bagi tercapainya persatuan dan kesatuan di kalangan warga bangsa dan membangun pertalian batin antara warga negara dengan tanah air. ideologi menjadi dua tipe ideologi sebagai ideologi suatu negara yaitu ideologi tertutup dan ideologi terbuka.

  12. admin berkata:

    Alasan kita mempertahankan pancasila adalah karena Pancasila sudah kita jadikan Ideologi kita sejak awal negara ada, jika skarang mau ganti lgi dg selain pancasila, boloeh saja, namun pertanyaannya adalah apakah kita yakin dg pergantian Pancasila bisa lebih baik…??? dg mengganti Pancasila berrati kita kembali dan mengulang sejarah NKRI.. Sebenarnya apapun teorrinya (Pancasila dll) jika itu teorinya bagus, sesuai dengan nilai Tuhan, dan dapat dijalankan pasti semua baik-baik saja. persoalannya adalah selama ini apa yang dijalankan ada yg tdk sesuai dengan nilai2 Pancasila….

  13. admin berkata:

    Siiiip

  14. Agus sri Rahayu berkata:

    Npm :2019 120 056
    Semester 1(reguler)
    saya ingin bertanya.Mengapa ideologi itu harus bersifat dinamis terbuka dan antisipatif bu.apa tujuannya.?

  15. Irma Aristia berkata:

    Menurut saya idiologi sangatlah penting bagi bangsa dan negara indonesia karena idiologi memberikan arah dan tujuan yang jelas menuju kehidupan yang diharapkan atau yang di cita citakan suatu masyarakat bangsa dan negara indonesia.

  16. ENI ANGGRAINI berkata:

    NPM : 2019 210 013

    Pancasila diangkat dari nilai-nilai budaya masyarakat oleh karena itu pancasila mengandung nilai-nilai kemasyarakatan.
    Ideologi mempunyai ciri-ciri tertentu, fungsi ideologi yaitu sebagai sumber inspirasi norma dan nilai sosial, pemandu tindakan sosial masyarakat, Memberikan motivasi bagi individu.
    Ideologi mencerminkan cara befikir masyarakat serta sekaligus membimbing mereka untuk mencapai tujuannya.

  17. Eka rahmawati berkata:

    Nama. :eka rahmawati
    Npm. :2019 210 002
    Kls. : 1 reg
    Pancasila sbg ideologi merupakan pedoman hidup yg mengarahkan manusia untuk mencapai tujuan hidup/cita cita yg ongin di wujudkan dengan cara berfikir cerdas dan dewasa serta usaha agar bisa mencapai tujuannya dan bisa memotivasi banyak orang.

  18. Rudiono berkata:

    Nama : Rudiono
    NPM : 2019210012

    Sebagai mahasiswa bagaimana cara kita memaknai pancasila sebagai ideologi bangsa?

  19. Tri utami berkata:

    Npm ; 2019 210 023
    Kls ; 1 reg
    Ideologi partikulat dan ideologi konferhensif, 2 kategori yg bercita* melakukan transformasi sosial menuju suatu bentuk. Nah sperti apa bentuk tsb, dan apa tujuan dari transformasi tsb?

  20. Jerryami saputri berkata:

    Npm:2019 210 014
    Kelas:1 requler

    Ideologi adalah alat bangsa indonesia yang berbudaya tinggi dan bermartabat
    Tanpa adanya ideologi bangsa indonesia dapat kehilangan hati dirinya yang mempunyai tujuan hidup dan cita-cita.

  21. ARIF KHOIR JULINDRA berkata:

    NAMA: ARIF KHOIR JULINDRA
    KELAS: REGULER 1
    NPM:2019210048

    Pancasila sebagai Ideologi adalah landasan suatu negara yang di ambil dari berbagai nilai kebudayaan yang menjadikan nila kebudayaan tersebut menjadi pedoman suatu negara yang memiliki landasan yang kuat. Bagaimana jika suatu ideologi sebagai landasan negara itu disalah gunakan ?

  22. Vella ayu putri berkata:

    Npm: 2019 210 019

    Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia sangatlah penting yang dimana seluruh rakyat Indonesia berpedoman pada pancasila, dan menurut saya idiologi juga bermakna sebagai pandangan hidup yang memiliki kecenderungan untuk mempersatukan masyarakat, apabila tindakan masyarakat Indonesia tidak sesuai dengan isi Pancasila maka tindakan tersebut bisa dianggap salah, sebab bisa menjadi pemecah belah antar sesama rakyat, karna hakikat idiologi adalah pemersatu sesama rakyat Indonesia itu sendiri

  23. Ika Ayu Kusuma Wardani berkata:

    NPM : 2019 210 042

    Pancasila sebagai ideologi adalah wujud dari pemikiran manusia tentang cita – cita yang sungguh-sungguh digenggam dan berusaha untuk diwujudkan , alat pemersatu bangsa dan pedoman hidup bangsa Indonesia .

  24. Ika Ayu Kusuma Wardani berkata:

    NPM : 2019 210 042

    Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari adalah bukti bahwa makna dari Pancasila sebagai ideologi negara telah melekat dalam pemikiran tiap warga negara . Dengan begitu, sudah sewajarnya apabila Pancasila diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan.

  25. Ari teh prasetyo berkata:

    Npm :2019 210 009
    Kelas :semester 1/ reguler

    Pancasila sebagai Ideologi adalah landasan suatu negara yang di ambil dari berbagai nilai kebudayaan yang menjadikan nila kebudayaan tersebut menjadi pedoman suatu negara yang memiliki landasan yang kuat.
    Maka dari itu setiap negara harus memiliki ideologi yang mana sistem ideologi tersebut untuk mengatur sistem kenegaraan tersebut

  26. Ari tri prasetyo berkata:

    Npm :2019 210 009
    Kelas :semester 1/ reguler

    Pancasila sebagai Ideologi adalah landasan suatu negara yang di ambil dari berbagai nilai kebudayaan yang menjadikan nila kebudayaan tersebut menjadi pedoman suatu negara yang memiliki landasan yang kuat.
    Maka dari itu setiap negara harus memiliki ideologi yang mana sistem ideologi tersebut untuk mengatur sistem kenegaraan tersebut

  27. Andi kurniawan berkata:

    Nama :ANDI KURNIAWAN
    Kelas :SEMESTER 1 REG
    NPM :2019 210 041

    Ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologinegara. Jadi, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sia-sia.

  28. Ricardo zulfaizarf berkata:

    Nama: Ricardo zulfaizar
    Kelas : semester 1 reguler
    Npm : 2019 210 043

    Tanda pengenalan lain mengenai idiologi tertutup adalah bahwa isinya
    bukan hanya berupa nilai” dan cita” tertentu,melainkan intinya terdiri dari tuntunan konkrit dan operasional yg keras yang di ajukan mutlak.jadi ciri khas tertutup adalah bahwa berapapun besarnya perbedaan antara tuntutan idiologi yg menguntungkan dalam masyarakat itu.dan bahkan ada tuntutan idiologi
    Sedangkan idiologi terbuka tersebut sangat di perlukan di bidang politik

  29. Apakah benar ideologi seperti keagamaan termasuk tertutup?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *