Pendidikan Agama (26 Sept 2019)

A. Tujuan kita memahami Konsep Ketuhanan

1.      1. Manusia memfungsikan instrumen-instrumen yang dipinjamkan Allah kepadanya,

  1. Menjadi manusia yang hamba, bukan manusia yang hewani,
  2. Saling mengasihi,
  3. Tolong menolong,
  4. Waspada terhadap tipu daya dunia,
  5. Zuhud

B. Dalil Pembuktian Tuhan Menurut Para Ahli (Ilmu Pengetahuan)

 

1.      Dalil  ontologis (Anselmus): segala sesuatu di dunia ini tidak ada yg sempurna, melainkan hanya memperlihatkan tingkatan-tingkatan (gradasi). Oleh karena itu, tentu ada satu yang paling sempurna yang mengatasi semua ketidaksempurnaan itu, yakni The Perfect Being.

2.      Dalil Kosmologis (Aristoteles)

Keteraturan alam semesta ini ditentukan oleh gerak (motion). Gerak merupakan penyebab terjadinya perubahan (change) di alam semesta. Akhirnya akal manusia tiba pada suatu titik yang ultimate, yaitu sumber penyebab dari semua gerak, yaitu Unmoved Mover, Penggerak yang tidak digerakkan.

3.      Dalil Teleologis (William Paley)

Benda-benda di ruang alam semesta itu memiliki gerak yg bertujuan (teleos), sehingga alam semesta ini merupakan karya seni terbesar yang membuktikan adanya A Greater Intelligent Designer.

  1. Dalil Etis (I.Kant)

Dalam diri setiap manusia ada dua kecenderungan yang bersifat niscaya, yaitu keinginan untuk hidup bahagia (happiness) dan  berbuat baik. Kedua kecenderungan itu akan dapat terwujud dalam kehidupan manusia apabila dijamin oleh 3 postulat, yaitu kebebasan kehendak (freewill), keabadian jiwa (immortality), dan Tuhan (God) sebagai penjamin hukum moral (Law Giver).

C. Dalil Pembuktian Tuhan Menurut Islam

       Filsafat Ketuhanan Dalam Islam

Merupakan filsafat yang tertinggi karena menggali persoalan yang pertama, utama, dan menjadi sebab dari segala yang ada.          

       Siapakah Tuhan Itu ?

      Tuhan dalam bahasa Arab disebut dengan ILAAHUN – ILAAHAINI – AALIHATUN

      Dalam Al-Qur’an kata tersebut dipakai untuk menyatakan berbagai obyek yang diagungkan, dibesarkan atau dipentingkan oleh manusia. (QS. 45:23,  28:38, dll.)

      Dengan demikian Tuhan (ilah) adalah segala sesuatu yang  dipentingkan, dianggap mutlak oleh manusia sedemikian rupa sehingga mereka merelakan dirinya untuk dikuasai oleh sesuatu tersebut.

       Yang dipentingkan oleh manusia dapat juga diartikan dengan:

      Yang dipuja / disembah

      Yang dicintai / diagungkan

      Yang diharap kebaikannya

      Yang diharap pertolongannya

      Yang ditakuti bahayanya, dll.

       Dengan demikian makna tuhan itu dapat berbentuk apa saja, asal ia diperankan atau diposisikan sebagaimana di atas.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

42 Responses to Pendidikan Agama (26 Sept 2019)

  1. Eka setiawan berkata:

    Keteraturan alam semesta ini ditentukan oleh gerak (motion). Gerak merupakan penyebab terjadinya perubahan (change) di alam semesta. Akhirnya akal manusia tiba pada suatu titik yang ultimate, yaitu sumber penyebab dari semua gerak, yaitu Unmoved Mover, Penggerak yang tidak digerakkan

  2. admin berkata:

    Betul, itu yang sudah saya sampaikan, apa mas eka setiawan paham maksud dari teori tersebut????

  3. NurLaila hayati berkata:

    Manusia manusia yang hamba, bukan manusia yang hewani itu bagaimana maksut nya bu?

  4. admin berkata:

    Artinya menjadi manusia yang taat kepada sang pencipta, bukan menjadi manusia yang memperturutkan nafsu hewani, sehingga jika manusia itu menjadi hamba maka akan taat kpd apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan mnjauhi larangan Allah SWT, jk tdk taat berarti ya memperturut nafsu yg bukan manusiawi

  5. Nisa Hartiwi Agustin berkata:

    NPM:2019 210 025

    Saya ingin bertanya?Apakah keteraturan alam ditentukan dari pergerakan (motion).

  6. Zuhud yaitu merendah diri tanpa harus menjadi hina& berusaha bersyukur serta tak ada sifat sombong, dengki ataupun iri,jadi unmoved mover apakah Allah itu sendiri?

  7. admin berkata:

    Betul, jd Allah lah yg menggerakkan, maka sebutan Allah adalah Maha penggerak yang tidak digerakkan oleh sesuatu yg lain. disinilah kita bisa memahami bahwa Allah yang maha Kuasa untuk menentukan apapun tanpa diintervensi yg lainnya

  8. HANI DESTYA YANTI berkata:

    Nama : HANI DESTYA YANTI
    kelas : Semester 1 reguler
    Npm : 2019 210 024
    Menurut saya, tujuan kita hidup didunia ini yaitu memahami apa itu ketuhanan, mengapa kita memahami konsep ketuhanan dan siapa itu tuhan kita. Yang pertama tujuan kita yaitu agar kita saling menghormati, agar kita memiliki pribadi yg baik, yang saling tolong menolong dan lain- lain.
    Dalil pembuktian bahwa tuhan itu ada, terbukti menurut beberapa ahli yg pertama menurut
    -Anselmus : bahwa menurutnya didunia ini tidak ada yg sempurna, melainkan tuhan kita sendiri.
    Yg kedua menurut
    -Aristoteles : bahwa menurutnya alam semesta ini ditentukan oleh gerak.
    Yg ke tiga
    -William paley : bahwa menurutnya benda – benda yg ada dialam semesta ini memiliki gerak yg bertujuan.
    Siapa itu tuhan, tuhan ialah yang menciptakan manusia, yg menciptakan alam semesta ini. Tuhan adalah yang dicintai manusia, disembah manusia, diagungkan manusia.

  9. admin berkata:

    Menurut teori tentang konsep ketuhanan menurut Aris Toteles (teori Kosmologis), ada hubungan yang menunjukkan dan menjelaskan eksistensi atau keberadaan Allah, yaitu dg adanya teori runtut, bahwa alam itu pergerakannya teratur sesuai sunnatullah, jd dr pergerakan, kemudian menimbulkan perubahan dan bentuk perubahan tesebutlah yg membuat alam teratur dalam pergerakannya. yang menyebabkan keteraturan trsebut adalah Allah atau Tuhan, melalui kekuasaannya utk menggerakkan gerak alam semesta. sesuai pertanyaan mas fauzan bahwa Allah lah Unmoved Mover ( Penggerak yang tidak digerakkan)

  10. Vina Dwi julianti berkata:

    Maksud dari konsep ketuhanan dari Zuhud itu apa Bu? Sebelum nya saya belum mengetahui Zuhud itu apa.

    NPM :2019 210 005

  11. admin berkata:

    Maksud dari beberapa poin tentang tujuan memahami TUHAn (Allah) adalah salah satunya agar bisa bersifat Zuhud, artinya adalah bahwa jika kita hidup dengan penuh keimanan, maka kita tidak akan mementingkan kehidupan dunia semata untuk mencari bahagia, tapi harus zuhud artinya berusaha untuk menggapai atau memperioritaskan kehidupan akhirat agar di akhirat kita bisa bahagia.,

  12. admin berkata:

    Siiipppp, Pelajari terus mengapa kita perlu Mengenal Tuhan ( ALLAH SWT)

  13. Irma Aristia berkata:

    NPM :2019 210 026

    Menurut dalil ontologis segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak ada yang sempurna, melainkan hanya memperlihatkan tingkatan tingkatan (gradasi). Itu maksutnya bagaimana ya bu?

  14. Heri Setiabudi berkata:

    Nama: Heri Setiabudi
    Npm: 2015 210 106
    Smstr: 1 (khusus)

    Kata “Tuhan”, merujuk kepada suatu dzat Abadi dan Supranatural yang mengawasi dan memerintah manusia dan alam semesta. Hal ini bisa juga digunakan untuk merujuk kepada beberapa konsep-konsep yang mirip misalnya sebuah bentuk energi atau kesadaran yang merasuki seluruh alam semesta, di mana keberadaan-Nya membuat alam semesta ada; sumber segala yang ada; kebajikan yang terbaik dan tertinggi dalam semua makhluk hidup

  15. admin berkata:

    Maksud dari beberapa poin tentang tujuan memahami TUHAN ( ALLAH SWT) adalah salah satunya agar bisa bersifat zuhud, artinya jika kita hidup dengan penuh keimanan, maka kita tidak akan mementingkan kehidupan dunia sematauntuk mencari bahagia, tapi harus zuhud artinya berusaha untuk menggapai atau memperioritaskan kehidupan akhirat agar di akhirat kita bahagia,namun jika kita mampu menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat itu justru lebih luar biasa dan utama.

  16. Agus sri Rahayu berkata:

    Npm :2019 210 056
    Menurut dalil Etis dalam diri manusia terdapat 2 kecenderungan yang bersifat niscaya dan berbuat baik,dan kedua kecenderungan itu akan dapat terwujud dalam kehidupan manusia apabila dijamin oleh 3 postulat yang salah satunya adalah kebebasan kehendak(freewill) yang di maksud kebebasan kehendak(freewill) itu bagaimana ya bu.?

  17. Yang dimaksud konsep ketuhanan menurut pemikiran manusia maka teori yang didasari oleh teori yg bagaimana bu
    Dan apa yg dimaksud dg zuhud?

  18. Parwoto berkata:

    Dalam konsep ketuhanan dapat diartikan yang luas seperti hal dalam pciptaan dan penguasaan alam semesta dideskripsikan sebagai suatu tindakan kemurahhatian yang paling utama untuk semua ciptaan yang memuji keagungan-Nya dan menjadi saksi atas keesan-Nya dan kuasa-Nya. Menurut Islam pertolongan jika mereka berdoa pada-Nya. Di atas itu semua, Dia memandu manusia pada jalan yang lurus, “jalan yang diridhai-Nya
    Pertanyaannya :
    Maka dalam konsep ketuhanan apakah ada antara antara pembedaan atau peradaban penciptaan manusia pertama dengan manusia purba atau jaman batu mohon penjelasanya ?…
    Parwoto
    Semester 1 kelas khusus
    Npm : 2019210031

  19. Eka rahmawati berkata:

    Nama: Eka rahmawati
    Kls. : Semester 1 reguler
    Npm. : 2019 210 002
    Tuhan ialah pencipta dan penguas seluruh alam semesta yang memiliki kedudukan paling tinggi. Yang di sembah, di agungkan,yang diharapkan kebaikannya,yang di harapkan pertolongannya dan yang di takuti bahayanya. Tidak ada yang sempurna selain allah, yang menentukan atas sega apa yang terjadi pada manusia dan alam semesta. Jadi sebagai manusia/hamba allah kita harus menaati perintahnya,bertakwa kpd allah,saling menolong,saling mengasihi,mempunyai tujuan hidup yg baik & bisa mencapai kebahagiaan dan jangan menuruti hawa nafsu yang akan membuat mabusia menjadi kufur kepada Allah SWT.

  20. YULIYA LESTARI / 2019210001 / 1B berkata:

    Bu , benarkah konsep tuhan adalah alam semesta itu sendiri jika di dasarkan pada logika belaka ?

  21. Muhammad fahmi berkata:

    Nama: Muhammad fahmi
    Kelas : Semester 1 Reguler
    Npm : 2019210049

    Menurut saya:alam semesta ini merupakan karya seni terbesar yang membuktikan adanya Dalam diri setiap manusia dan kecenderungan itu akan dapat terwujud dalam kehidupan manusia.

  22. ENI ANGGRAINI berkata:

    NPM: 2019 210 013

    Zuhud merupakan suatu sikap terpuji yang disukai Allah SWT, di mana seseorang lebih mengutamakan cinta akhirat dan tidak terlalu mementingkan urusan dunia atau harta kekayaan.
    Keteraturan alam semesta ditentukan oleh gerak, dan setiap benda memiliki arah tujuan tertentu
    Filsafat yg tertinggi yaitu filsafat ketuhanan sebab bersumber dari segala sesuatu yg ada.

  23. HERI PERDANA NPM:2019-210-046/1b berkata:

    1. Manusia memfungsikan instrumen-instrumen yang dipinjamkan Allah kepadanya,
    Menjadi manusia yang hamba, bukan manusia yang hewani,
    Saling mengasihi,
    Tolong menolong,
    Waspada terhadap tipu daya dunia,
    Zuhud
    B. Dalil Pembuktian Tuhan Menurut Para Ahli (Ilmu PengetahuaDalil ontologis (Anselmus): segala sesuatu di dunia ini tidak ada yg sempurna, melainkan hanya memperlihatkan tingkatan-tingkatan (gradasi). Oleh karena itu, tentu ada satu yang paling sempurna yang mengatasi semua ketidaksempurnaan itu, yakni The Perfect

  24. Sularni no npm 2019 210 028 berkata:

    Dalam diri setiap manusia ada 2 kecenderungan yg bersifat niscaya yaitu keinginan bahagia dan berbuat baik.kedua kecenderungan itu akan dpat terwujud dlm khidupan manusia apabila di jamin oleh 3 postulat
    1 kebebasan kehendak
    2 keabadian jiwa

    3 tuhan sebagai penjamin hukum moral.
    Pertanyaan sya buk??… di antara 3 postulat itu saya blum paham..tlng di jabarkan buk..di antara tiga masing-masing..?

  25. Diah novitasari berkata:

    Npm:2019 210 032
    Berdasarkan di atas dapat dipahami, bahwa Tuhan itu bisa berbentuk apa saja, yang dipentingkan oleh manusia. Yang pasti ialah manusia tidak mungkin atheis, tidak mungkin tidak ber-Tuhan. Berdasarkan logika al-Qur’an setiap manusia pasti mempunyai sesuatu yang dipertuhankannya. Dengan demikian, orang-orang pada hakikatnya ber-Tuhan juga. Adapun Tuhan mereka ialah ideologi atau angan-angan mereka.

  26. Diah novitasari berkata:

    Npm:2019 210 032
    Berdasarkan di atas dapat dipahami, bahwa Tuhan itu bisa berbentuk apa saja, yang dipentingkan oleh manusia. Yang pasti ialah manusia tidak mungkin atheis, tidak mungkin tidak ber-Tuhan. Berdasarkan logika al-Qur’an setiap manusia pasti mempunyai sesuatu yang dipertuhankannya. Dengan demikian, orang-orang pada hakikatnya ber-Tuhan juga. Adapun Tuhan mereka ialah ideologi atau angan-angan mereka..

  27. Vella ayu putri berkata:

    Npm : 2019 210 019
    Tujuan kita memahami konsep ketuhanan,
    Karna hakikatnya setiap manusia memiliki kepercayaan kepada Tuhan (Allah SWT) sebagai pedoman dan aturan tata cara hubungan dengan Tuhannya yang telah diyakini sebagai pemilik raga, roh manusia itu sendiri dan tata cara hubungan manusia dengan sesama manusia, keyakinan kepada Tuhan (Allah SWT) juga untuk membimbing manusia dalam menjalani kehidupan dengan cara lebih baik melalui aturan dan ajaran yang sudah dipercaya berasal dari tuhan (Allah SWT) apabila mereka menjalankan aturan dan ajaran tersebut maka mereka yakin kelak itu akan menjadi pembuka jalan bagi manusia bertemu dengan Tuhannya

  28. Jerryami saputri berkata:

    Npm:2019 210 014

    manusia-manusia yang ada dibumi memfungsikan instrumen-instrumen yang dipinjamkan mereka saling mengasihi,tolong menolong dan sadar akan tipu daya dunia ,dan yang membuat perubahan di alam semesta yaitu ngerak .

    Manusia memiliki kecendrungan yang bersifat niscaya yang ingin hidup bahagia dan berbuat baik pada sesama ataupun pada dirinya.

    Allah adalah segalanya karena pada dasar nya manusia akan kembali kepadanya dalam keadaan apapun ,akan mengadu pada nya karena hanya allah yang dapat menolong manusia
    Maka manusia akan menyembah ,mengagungkan dan takut pada bahayanya jika lalai dalam perintah nya

  29. Heri Setiabudi berkata:

    Baru paham pnjlsn zuhud buk
    Trma ksh buk

  30. David luhur pambudi berkata:

    Npm :2019 210 004
    Bu, yang dimaksud postulat itu apa bu?
    Gambaran/contoh dari dalil antologis itu seperti apa bu?

  31. Tri utami berkata:

    Npm :2019 210 023

    Apa maksud dari waspada terhadap tipu daya dunia bu?
    Seperti apa sih tipu daya dunia itu?

  32. Ika Ayu Kusuma Wardani berkata:

    NPM : 2019 210 042

    Penciptaan dan penguasaan alam semesta dideskripsikan sebagai suatu tindakan kemurahatian yang paling utama untuk semua ciptaan yang memuji keagungan-Nya dan menjadi saksi atas ke Esaan-Nya dan Kuasa-Nya.
    Bumi berotasi begitupun dengan bulan , dengan demikian dapat diartikan bahwa gerak (motion) penyebab terjadinya perubahan (change) yang artinya tidak hanya berdiam pada satu titik saja .

  33. Lusi Ariyana / 1 B / 2019210015 berkata:

    Menurut ku jadi tujuan manusia hidup itu tak lain hanyalah untuk mencari keridhoan Allah SWT,
    Manusia hidup di dunia hanya sementara dan Allah pun memerintahkan hamba2nya untuk mencari ilmu dunia tapi yg menjadikan tujuan dari ilmu dunia adalah akhirat,sebab sebaik baik ilmu adalah ilmu yg bermanfaat dunia-akhirat.

  34. Merupakan pencipta dalam semesta alam itu sendri para cendikiawan menganggap berbagai sipat tuhan.ketuhanan yg berbeda beda yg paling umum di antaranya adalah mahatau,mahaada,mahamulia dan tak ada yg setara dengan nya

  35. ARIF KHOIR JULINDRA berkata:

    NAMA: ARIF KHOIR JULINDRA
    KELAS: REGULER 1
    NPM: 2019210048

    Tujuan kita memahami konsep ketuhanan di atas adalah kita di berikan ilmu pengetahuan yang amat sempurna untuk saling berbagi kepada sesama hambanya,bukan menjadi hamba yang bersifat apatis yang tidak mempedulikan sesama hambanya yang lagi membutuhkan bantuan,kita sesama hamba seharusnya saling tolong menolong saling menyayangi tidak saling menjatuhkan sesama hamba karena kepentingan duniawi .

  36. Ahmad anhari berkata:

    NPM : 2019 210 052
    Tuhan umat islam adalah Allah SWT. Tidak jarang orang Kristen menggunakan kata ‘Allah’ untuk menyebut Tuhannya. Namun secara umum, kata “Allah” lebih identik dengan agama Islam, yaitu panggilan untuk sesembahannya. Sehingga tidak heran, terdapat sebanyak 2,679 kata ‘Allah’ dalam Al-Quran. Lalu, dari manakah sebenarnya asal kata Allah ini?

  37. sayfiasyasari berkata:

    konsep ketuhana menurut pemikiran manusia adalah konsep yang didasarkan atas hasil pemikiran baik melalui pengalaman batin. dalam literatur sejarah agama, di kenal teori evalusionisme yaitu teori yang menyatakan adanya proses kepercayaan yang amat sederhana lama kelamaan meningkat menjadi sempurna.

  38. Ari tri prasetyo berkata:

    NPM :2019 210 009
    Kelas:semester 1/reguler

    Dalam diri setiap manusia ada dua kecenderungan yang bersifat niscaya, yaitu keinginan untuk hidup bahagia (happiness) dan berbuat baik.saya mau bertanya tolong penjelasannya yang lebih detail dari kedua kecenderungan diatas??

  39. Andi kurniawan berkata:

    Nama:ANDI KURNIAWAN
    Kelas:SEMESTER 1 REG
    Npm:2019 210 041

    Kesimpulan dari pendidikan agama yang saya baca iyaalah bawasanya manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna dan makhluk yang di bentuk dengn sebaiknya 2 dan di berikan akal untuk membedakan antara yang baik dengn yang buruk dengan itu, maka di ciptakannya manusia sebagai mana halnya untuk beribadah kepada tuhanya, dan mengamalkan perbuatan yang baik dan menaati apa yg iya perintakan dan meninggalkan semua laranaganya.

  40. Ricardo zulfaizar berkata:

    Nama: Ricardo zulfaizar
    Npm : 2019 210 043
    Kelas : semester 1 Reguler

    Filsafat ketuhanan dalam islam merupakan filsafat yg tertinggi karna menggali persoalan yg pertama,utama dan menjadi sebab terjadi apa yg ada
    Jadi kesimpulannya filsafat ketuhanan dalam islam itu ialah hukum filsafat yg utama dan yg tertinggi di antara lain

  41. ARIF KHOIR JULINDRA berkata:

    NAMA: ARIF KHOIR JULINDRA
    Kelas: REGULER 1
    NPM: 2019210048

    Tujuan kita memahami konsep ketuhanan di atas adalah kita di berikan ilmu pengetahuan yang amat sempurna untuk saling berbagi kepada sesama hambanya, bukan menjadi hamba yang bersifat apatis yang tidak mempedulikan sesama hambanya yang lagi membutuhkan bantuan,kita sesama hamba seharusnya saling tolong menolong saling menyayangi tidak saling menjatuhkan sesama hamba karena kepentingan duniawi .

  42. admin berkata:

    Siiip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *