Pendidikan Agama ( Proses Penciptaan Manusia )

Manusia Menurut Agama Islam

Manusia tak akan mampu mengungkap secara pasti tentang hakekat dirinya. Manusia tidak mungkin dapat berdiri di tempat netral dan memandang dirinya secara bebas dari luar dirinya sendiri. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan adalah memahami firman Allah Sang Pencipta, mencari isyarat tentang hakekat manusia.

  1. Asal Kejadian dan Potensi Manusia

Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama. Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di muka bumi dengan segala karakter kemanusiaannya, lengkap dengan kebudayaannya, sehingga diangkat sebagai khalifah di muka bumi, firman Allah :

Artinya :

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah, 2 : 30)

Manusia yang baru diciptakan Allah itu (Adam) memiliki intelegensi yang paling tinggi dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya, firman Allah (QS. Al-Baqarah, 2: 31-33):

Artinya :

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!”

Mereka menjawab: “Maha suci Engkau, tidak ada yang Kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka Nama-nama benda ini.” Maka setelah diberitahukannya kepada mereka Nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa Sesungguhnya aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?” (QS. Al-Baqarah, 2: 31-33)

Pada ayat diatas tampaklah bahwa Allah menciptakan Adam sebagai manusia pertama yang memiliki kemampuan akal yang sempurna. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Adam adalah manusia pertama yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

Penciptaan manusia secara fisik pada kejadian selanjutnya melalui proses pencampuran bahan dari laki-laki dan perempuan. Jika masuk ke dalam rahim terjadi proses kreatif tahap demi tahap membentuk wujud manusia, seperti firman Allah :

“ Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (QS. Al-Mukminuun, 23 : 12)

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

35 Responses to Pendidikan Agama ( Proses Penciptaan Manusia )

  1. GUNAWAN / NPM:2019 210 030 / Semester 1 kelas khusus berkata:

    Asal Kejadian dan Potensi Manusia
    Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah di muka bumi dengan segala karakter kemanusiaannya, lengkap dengan kebudayaannya, yg memiliki intelegensi yang paling tinggi dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya. Yg diciptakan dari tanah.

  2. Sularni no npm 2019 210 028 berkata:

    Asal usul manusia dlm pndngan islam tdak terlepas dari figur adam sbg manusia prtama dngn sgala karakter kemanusiaan shingga memiliki intelegasi yg pling tinggi di bndingkan dngan mahluk allah lainnya.

  3. Eka setiawan berkata:

    Nmr 3..
    Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama. Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di muka bumi dengan segala karakter kemanusiaannya, lengkap dengan kebudayaannya, sehingga diangkat sebagai khalifah di muka bumi, firman Allah :

  4. DAVID LUHUR PAMBUDI berkata:

    Npm : 2019 210 004
    Kelas : semester 1

    Yang dapat saya tangkap dari materi diatas adalah
    √ ADAM sebagai manusia pertama
    √ manusia diciptakan dari saripati yang berasal dari tanah

  5. HERI PERDANA berkata:

    Manusia tak akan mampu mengungkap secara pasti tentang hakekat dirinya.Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertamaArtinya :

    “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
    NOMOR:NPM 2019-210-046
    KELAS:1 B

  6. HANI DESTYA YANTI berkata:

    Nama : HANI DESTYA YANTI
    Npm : 2019 210 024
    Kelas : Semester 1 reguler

    Pemahaman :
    Kita sebagai khalifah dibumi jangan lah berbuat kerusakan dimuka bumi. Allah telah menciptakan kita dengan sempurna, maka kita harus tunduk kepadanya dengan bersujud. Sesungguhnya kita manusia itu berasal dari nabi adam dan nabi adam itu diciptakan dari tanah liat yang kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk.

  7. Winda nur aulia berkata:

    Allah Swt. menceritakan perihal anugerah-Nya kepada Bani Adam, yaitu sebagai makhluk yang mulia,mereka disebutkan di kalangan makhluk yang tertinggi yaitu para malaikat sebelum mereka diciptakan.

  8. Ricardo zulfaizar berkata:

    Manusia tak akan mampu mengungkap secara pasti hakekat dirinya,manusia tidak mungkin dapat berdiri netral dan memandang dirinya secara bebas dr luar dirinya sendiri;(upaya yg dapat dilakukan yaitu memahami firman ALLAH.yg isinya mencari hakekat manusia

  9. Vina Dwi julianti berkata:

    Dari proses penciptaan manusia dalam pandangan Islam manusia yang pertama kali diciptakan oleh Allah SWT adalah Adam dimuka bumi, dan memiliki akal yang sempurna dan patut untuk meneladani sifat yang tangguh dari Adam …
    Dan manusia yang pertama memiliki nilai nilai dari kemanusiaan dapat mencerminkan sifat kemanusiaan dalam sifat kepribadian pada diri manusia ,dan dilarang untuk merendahkan sesama manusia,karena pada dasarnya manusia diciptakan dari suatu saripati yang berasal dari tanah .

    NPM: 2019 210 005

  10. Lusi Ariyana / 1 B / 2019210015 berkata:

    Dijelaskan mengenai tentang penciptaan manusia yg hakikatnya berasal dari Nabi Adam A.s sebagai manusia pertama yg memiliki akal sehat paling sempurna..
    Yg juga memiliki karakter budaya untuk bisa menjadi Khalifah bagi manusia..
    Sesuai yg terkandung dalam Q.S Al Baqarah ayat 30,31,32,33 yg menegaskan tntng Allah mengetahui apa yg baik dan buruk,serta penegasan tntng pembentukan proses fisik manusia yg jika difikirkan secara logika sangatlah sulit,dri mulai terbentuk janin dlm rahim sampai tumbuh menjadi bayi yg dpt bernafas dlm rahim seorang wanita..

  11. NurLaila hayati berkata:

    Jadi disimpulkan bahwa manusia di ciptakn tidak untuk hidup sendiri..manusia membutuhkan orang lain. Asal usul manusi tidak lepas dari figur adam sebagai manusia pertama, yang memiliki segala kemanusiaan, dan lengkap dengan kebudayaan nya sehingga di angkat sebagai khalifah di muka bumi.
    Sebagai manusia pertama, adam diutus untuk memberitahu kepada manusia manusia tentang nama nama benda.
    Dengan demikian
    Manusia dapat memahami firman Allah yang berisi hakikat manusia

    NPM : 2019 210 006

  12. Dwi miftahudin berkata:

    Saya setuju buk dengan materi karna sesuai dengan kitab2 ulama salaf..

  13. Asal-muasal terciptanya manusia terdiri dari dua unsur, yaitu jasmani dan rohani. Jasmani adalah unsur yang dapat dilihat dan disentuh oleh panca indera. Jasmani merupakan bagian manusia yang melakukan gerakan-gerakan fisik, seperti bernafas, makan, minum, dan sebagainya. Sedangkan, rohani merupakan unsur yang tak dapat dilihat dan disentuh oleh kelima indera manusia, yang dapat mendorong manusia untuk melakukan aktifitas berfikir. Dari aktifitas berfikir inilah manusia dapat membedakan yang baik dan yang buruk, yang benar dan mana yang salah. Bahkan untuk lebih sempurnanya, manusia diberi bentuk tubuh yang bagus di antara makhluk-makhluk lainnya. Sebagaimana dalam firman-Nya : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. at-Tiin [95]: 4).

    Menurut pandangan Islam, manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah, yaitu suci dari dosa. Menyitir sebuah hadits, tidaklah dilahirkan seorang anak melainkan atas fitrah,maka orang tuanyalah yang menjadikan anak itu beragama Yahudi atau Kristen, atau agama Majusi (penyembah api) (HR. Muslim).

    Manusia sebagai Khalifah di Muka Bumi

    Dalam al-Qur’an, manusia menempati kedudukan yang istimewa dalam alam semesta ini. Dia adalah khalifah atau pemimpin di muka bumi ini, sebagaimana firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat 30, yang artinya sebagai berikut : Ingatlah ketika Tuhan berkata kepada para malaikat: ”Aku akan menciptakan khalifah di muka bumi.”

    Allah memberikan kepercayaan yang besar kepada manusia untuk menjadi khalifah di bumi. Manusia diberi keleluasaan mengolah alam ini untuk kemakmuran dan kesejahteraan penduduk di muka bumi itu sendiri.

    Tugas Pokok Manusia

    Allah menciptakan manusia agar mengabdi kepada-Nya. Dalam surat adz-Dzariyat : 56 disebutkan, “Tidakkah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk mengabdi kepada-Ku.”

    Mengutip pendapat Abul Majid al-Zandaniy (1991: 23) Pengabdian kepada Allah harus ditempatkan di atas segalanya, karena pengabdian kepada Allah merupakan jalan hidup yang benar. Kehidupan di dunia bersifat sementara, sedangkan tujuan akhirnya adalah kehidupan akhirat, yakni menghadap Illahi.Pengabdian kepada Allah, harus disadari oleh manusia sebagai tugasnya yang pokok, agar manusia memperoleh kebaikan hidup di akhirat kelak.

    Referensi :

    Abdul Majid al-Zandaniy, dkk, 1991, Al-Iman, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta

  14. Jerryami saputri berkata:

    Manusia pertama adalah adam yang diciptakan dalam muka bumi dengan segala karakter nya.

    Ketika allah ingin menjadikan seorang khalifah dimuka bumi para malikatpun menanyakannya dengan segala keraguan nya bahwa manusia akan membuat segala sesuatu yang aneh dimuka bumi lalu sangpencipta pun berkata “sesungguh nya aku mengetahui apa yang tidak engkau ketahui ,dan allah mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan

  15. Ardian Saputra, 2019 210 045, kls 1b berkata:

    Pada pelajaran diatas sy menyimpulkan bahwa Allah menciptakan nabi Adam AS, sebagai manusia pertama yg memiliki kemampuan akal yg sempurna, oleh karna itu nabi Adam as, adalah manusia yg memiliki nilai ” kemanusiaan yg sangat baik.

  16. Nisa Hartiwi Agustin berkata:

    Proses penciptaan manusia menurut agama islam yaitu Manusia tidak mungkin dapat berdiri di tempat netral dan memandang dirinya secara bebas dari luar dirinya sendiri.

    Ketika Allah ingin menjadikan seseorang sebagai khalifah di muka bumi para malaikatpun menanyakannya dengan ragu bahwa manusia membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Dan kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku menggetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(Qs.Al-Baqarah,2:30)

    Allah menciptakan Adam sebagai manusia pertama yang memiliki kemampuan akal yang sempurna. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Adam adalah manusia pertama yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

    NPM: 2019 210 025

  17. Diah novitasari berkata:

    Npm:2019 210 032
    Kelas:Reguler (sementer 1)

    Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWt yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di muka bumi. Manusia juga dipandang sebagai makhluk yang paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk lainnya.dalam proses penciptaan manusia pertama Nabi Adam AS yang diberikan ilmu pengetahuan dan kesempurnaan dengan segala karakternya. Allah mengangkat Adam dan manusia sebagai khalifah dimuka bumi.

  18. Diah novitasari berkata:

    Npm:2019 210 032

    Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWt yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di muka bumi. Manusia juga dipandang sebagai makhluk yang paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk lainnya.dalam proses penciptaan manusia pertama Nabi Adam AS yang diberikan ilmu pengetahuan dan kesempurnaan dengan segala karakternya. Allah mengangkat Adam dan manusia sebagai khalifah dimuka bumi.

  19. YULIYA LESTARI / 2019210001 / 1B berkata:

    Allah swt menciptakan adam sebagai manusia pertama yang memiliki kemampuan akal yang sempurna , dari cerita tersebut sangat banyak sifat yang dapat kita tauladani agar menjadi mahluk yang sebaik-baik nya seperti allah swt menciptakan nya .

  20. IKA AYU KUSUMA WARDANI berkata:

    Sebagaimana Allah telah berfirman kepada para malaikat ” Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui ” Allah ciptakan manusia sebagai khalifah sebagai penyempurna pemimpin dan penyelaras isi bumi
    Allah menciptakan manusia bersama dengan tumbuh tumbuhan dan hewan sebagai salah satu bentuk penyeimbang bumi
    Yang mana manusia itu sendiri diberi akal untuk dapat menjaga merawat dan melindungi bumi dari kerusakan dan bukan untuk sebaliknya .

  21. Diki wahyudi berkata:

    Nama : Diki wahyudi
    Kelas : Reguler 1
    Npm : 2019 210 041

    Menurut kesimpulan yang saya baca dan pahami, sebagaimana asal usul manusia dalam pandangan islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama di bumi yang memiliki banyak karakter kemanusian dan memiliki kempuan akal yang sebenarnya. Dan oleh karna itu adam bisa dikatakan manusia pertama yg memiliki nilai nilai kemanusian.

  22. Andi kurniawan berkata:

    NAMA:ANDI KURNIAWAN
    KELAS :SEMESTER 1 REG
    NPM :2019 210 041

    PEMAHAMAN :manusia di ciptakan secara fisik melalui proses percampuran bahan dari laki-laki dan perempuan.

  23. Eka rahmawati berkata:

    Nama : Eka rahmawati
    Nmp :2019 21 0002
    Asal usul penciptaan manusia tidak lepas dr figur adam yaitu manusia pertama ciptaan allah yang berasal dari tanah yang dibentuk sedemikian rupa lalu ditiupkan ruh dan diberikan akal untuk berfikir dan mempunyai nilai nila kemanusiaan untuk menjadi manusia seutuhnya.
    Dan penciptaan manusia secara fisik melalui proses percampuran bahan dari laki-laki dan perempian. Jika masuk kedalam rahim terjadi proses kreatif tahap demi tahap membentuk wujud manusia.

  24. Dedi afrianto /1B /2019.210016 berkata:

    1. Dalam pandangan islam adam atau nabi adam adalah manusia pertama yg diciptakan dan diangkat sebagai khalifah dibumi oleh Alloh SWT.
    2. Allah minciptakan Adam sebagai manusia pertama yg memiliki akal yang sempurna. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Adam adalah manusia pertama yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

  25. Irma Aristia berkata:

    Nama :Irma Aristia
    Kelas :Semester 1 Reg
    NPM :2019 210 026

    Yang saya pahami tentang materi tersebut yaitu manusia tak akan mampu mengungkap secara pasti tentang dirinya, oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan dengan memahami firman Allah sang maha pencipta, mencari isyarat tentang hakekat manusia.
    Asal usul manusia dalam pandangan islam kita bisa lihat dari figur Adam. Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di muka bumi dengan kemampuan integensi yang paling tinggi, kemampuan akal yang sempurna, serta manusia pertama yang memiliki nilai nilai kemanusiaan, sehingga Adam diangkat sebagai khalifah di muka bumi oleh Allah SWT.

  26. ARIF KHOIR JULINDRA berkata:

    NAMA: ARIF KHOIR JULINDRA
    KELAS: REGULER 1
    NPM: 2019 210 045

    Pada hakikatnya manusia memiliki segala karakter kemanusiaan. Manusia yang paling pertama di ciptakan iyalah adam yang memiliki akal yang sempurna.
    Penciptaan manusia secara fisik pada kerjaannya ini adalah proses percampuran bahan dari laki dan perempuan.

  27. Tri utami berkata:

    Nama ; Triutami
    Nmp ; 2019210023
    Kls. ; semester 1 reg

    Dari proses penciptaan manusia tidak terlepas dari figur adam sebagai manusia pertama yang memiliki kemampuan akal yang sempurna.

  28. PARWOTO berkata:

    Manusia tidak mungkin dapat berdiri di tempat netral dan memandang dirinya secara bebas dari luar dirinya sendiri. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan adalah memahami firman Allah Sang Pencipta, mencari isyarat tentang hakekat manusia.al-quran sebagai kitab suci umat islam yang telah memberikan informasi bagi seluruh umat manusiamengenai proses penciptaanya proses itu antara lain :
    1. Penciptaan manusia pertama yaitu nabi Adam
    2. Penciptaan manusia kedua yaitu Hawa
    3. Penciptaan manusia sebagai masing masing prroses
    Dapat disimpulkan bahwa penciptaan manusia secara fisik pada kejadian selanjutnya melalui proses pencampuran bahan dari laki-laki dan perempuan. Jika masuk ke dalam rahim terjadi proses kreatif tahap demi tahap membentuk wujud manusia dalam bentuk saripati tanah pada waktu yang lalu.

    Nama : PARWOTO
    NPM : 2019210031
    Kelas : IB
    Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam

  29. ARI TRI PRASETYO berkata:

    NPM :2019 201 009
    KELAS: SEMESTER 1 REG

    “Asal kejadian dan potensi manusia”

    Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama.
    Firman Allah: ingatlah ketika tuhan berfirman kepada malaikat: sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang Khalifa di muka bumi l.”mereka berkata:”mengapa engkau hendak menjadikan (Khalifa) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji engkau dan mensucikan engkau?”tuhan berfirman: “sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu letahui.” ( QS. Albaqarah,2:31-33

  30. Vella ayu putri berkata:

    Assalamualaikum Bu
    Saya dari kls semester 1 reguler
    Npm: 2019210019

    Pendidikan agama (proses penciptaan manusi) memahami firman Allah : manusia yg baru diciptakan oleh Allah adalah Adam yg memiliki intelegensi yg paling tinggi dibandingkan dengan mahluk Allah lainnya (QS Al Baqarah, 2, 31-33) pada ayat diatas Allah telah menciptakan Adam sebagai manusia pertama yg memiliki akal sempurna, dan berlanjutnya manusia melalui proses pencampuran bahan dari laki laki dan perempuan,

  31. Lukman berkata:

    Nama; Lukman bimantoro
    Kelas; semester 1 reg
    Npm. ;2019210007

    Manusia tak akan mampu mengungkap secara pasti tentang hakekat dirinya.
    Asal usul manusia dalam pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam sebagai manusia pertama. Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah di muka bumi dengan segala karakter kemanusiaannya, lengkap dengan kebudayaannya, sehingga diangkat sebagai khalifah di muka bumi,
    Penciptaan manusia secara fisik pada kejadian selanjutnya melalui proses pencampuran bahan dari laki-laki dan perempuan

  32. Vella ayu putri berkata:

    Npm: 2019210019
    Kls:reguler, semester 1
    Asal kejadian dan potensi manusia

    Asal usul manusia menurut pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam ( manusia pertama)
    Penciptaan manusia secara fisik pada kejadian selanjutnya melalui proses pencampuran bahan dari laki-laki dan perempuan. Jika masuk ke dalam rahim terjadi proses kreatif tahap demi tahap membentuk wujud manusia, seperti firman Allah :

    “ Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. (QS. Al-Mukminuun, 23 : 12)

  33. Vella ayu putri berkata:

    Npm: 2019210019
    Kls:reguler, semester 1
    Asal kejadian dan potensi manusia

    Asal usul manusia menurut pandangan Islam tidak terlepas dari figur Adam ( manusia pertama)
    Penciptaan manusia secara fisik pada kejadian selanjutnya melalui proses pencampuran bahan dari laki-laki dan perempuan. Jika masuk ke dalam rahim terjadi proses kreatif tahap demi tahap membentuk wujud manusia,
    Itu lah asal usul manusia menurut pandangan Islam,

  34. ENI ANGGRAINI berkata:

    Manusia tidak akan mampu mengungkap hakekatnya dan tidak mungkin dapat berdiri di tempat netral, maka yg harus di lakukan adalah memahami firman allah swt.

    Allah menciptakan adam sebagai manusia pertama dan menjadikannya penghuni bumi yg petama, allah menciptakan adam dengan intelegensi yg paling tinggi dan allah juga mengajarkan kepadanya nama-nama benda.

    sesungguhnya allah maha mengetahui segala segalanya.

    NPM : 2019 210 013

  35. Heri Setiabudi berkata:

    Npm: 2015210106
    Kelas: khusus B1

    Al-Qur’an telah memberikan informasi kepada kita mengenai proses penciptaan manusia melalui beberapa fase: dari tanah menjadi lumpur, menjadi tanah liat yang dibentuk, menjadi tanah kering, kemudian Allah swt. meniupkan ruh kepadanya, lalu terciptalah Adam a.s. Hal ini diisyaratkan Allah dalam Surah Shaad [38] ayat 71-72.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *